Sabtu, 20 Oktober 2018

Daily Activity 17

senin 15/10/2018

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Hello guys... hari ini adalah hari pertama kami praktek di minggu pertama setelah ujian tengah semester atau bisa di bilang ini adalah minggu ke lima praktek. Hari ini tidak begitu banyak pekerjaan. Ketika sudah sampai di kitchen. Perlu menunggu waktu beberapa saat yang lumayan cukup lama barulah aktivitas dimulai. Itupun kami tidak langsung melakukan praktek atau doing. Melainkan terlebih dahulu, pak wawan memberikan materi tentang seni dekorasi makanan. Adapun inti dari materi yang beliau sampaikan yakni, tentang carving.

Carving itu sendiri adalah seni mengukir dan membuat sebuah gambar tiga dimensi terhadap buah-buahan sehingga terlihat lebih menarik dan cantik dipandang. Biasanya Di pajang untuk sebuah acara yang besar.Selain itu, hari ini chef salam showing tentang dasar-dasar carving. Beliau membuat sebuah ukiran bunga disertai daun pada sebuah semangka dan setelah itu memberikan kami kesempatan untuk melanjutkan carving buah itu masing-masing orang mengukir satu buah kelopak bunga pada buah tersebut. Dan hasilnya ada beragam jenis bentuk kelopak bunga dan susuannya berantakan. Tapi, tidak apa-apa. Karena, masing-masing tangan memiliki fashionnya masing-masing. Setelah itu, saya pun mecoba mempraktekkannya pada sebuah wortel dan saya membuat ukiran sebuah bunga yang bersusun-susun. Walaupun hasilnya, masih kurang bagus, masih kasar dan kurang rapi. Akan tetapi ini adalah carving pertama saya. Tidak begitu buruk kelihatannya. Tapi, itulah hasil saya. Awal yang tidak begitu buruk menurutku .

Fruit Carving adalah salah satu seni mengukir buah buahan ini. biasanya disajikan dalam acara besar seperti membuat tumpeng nasi kuning. Tak hanya kayu dan batu saja yang bisa di ukir. Buah-buahan pun menjadi sangat cantik dan menarik ketika disentuh oleh tangan para seniman fruit carving. Dengan cekatan para seniman ini menjadikan buah-buahan utuh berubah menjadi layaknya patung yang memiliki nilai seni tinggi.

Inilah Fruit Carving, sebuah seni dalam menghidangkan makanan dengan keindahan, biasanya media yang digunakan adalah buah-buahanan yang berbentuk bulat serta memiliki tekstur yang lunak. Dalam seni Fruit Carving, seseorang akan memahat dan mengukir sebuah buah menggunakan alat-alat yang cukup sederhana yaitu, cutter, pisau bergerigi dan tusuk gigi jika diperlukan. 



GAMBAR :

(1)


(2)


(3)


(4)


(5)






TERIMA KASIH . . .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Market_14

Jum'at 9/11/2018 Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. ACTIVITY ON THE MARKET AND LIST OF GOODS PRICES TOURISM POLYTECHNI...