Sabtu, 20 Oktober 2018

Famous Food 3

Jum'at 31/08/2018

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..



PENGERTIAN RAWON

Hasil gambar untuk GAMBAR RAWON

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).
Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamurBumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merahbawang putihlengkuas (laos), ketumbarseraikunirlombokkluwekgaram, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.
Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawangkerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.
Di daerah Jawa Timur banyak dijumpai penjual Rawon, terutama rawon Pasuruan banyak yang terkenal.

Recipe:

Bahan Bahan:
- 600 gr Daging Sapi untuk rawon/ sandung lamur
- 2 ltr Air
- 2 lbr Daun Salam
- 3 btg Serai, memarkan
- 3 cm Lengkuas, memarkan
- 3 lbr Daun Jeruk
- 5 sdm Minyak untuk menumis

Bumbu halus:
- 5 siung Bawang Merah
- 3 siung Bawang Putih
- 4 bh Cabai Merah
- 2 btr Kemiri
- 1 sdt Ketumbar
- 3 bh Keluak Tua, kukus, ambil isinya
- 2 cm Jahe
- 3 cm Kunyit
- 1 sdt Terasi matang
- 2 sdt Garam
- 1 sdt ajinomoto
- 2 tangkai Daun Bawang, iris
- 100 gr Tauge pendek (tauge soto)
- 2 btr Telur Asin

Cara Membuat:

  • Masak daging bersama daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk sampai empuk dan matang.
  • Angkat daging, lalu potong kecil-kecil. Saring rebusan, didihkan lagi bersama irisan daging.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama irisan daun bawang sampai harum dan matang
  • Angkat, lalu masukkan ke dalam kaldu daging. Masak dengan api kecil sampai mendidih kembali
  • Tuang rawon ke dalam mangkuk, taburkan tauge pendek di atasnya. Sajikan bersama telur asin dan sambal terasi.



REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_betutu

https://www.vemale.com/resep-makanan/97769-resep-ayam-betutu-khas-bali-enaknya-juara.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Rawon

https://www.dapurumami.com/resep/rawon-GXAI1


PENGERTIAN NASI GORENG DAN SEJARAH



Hasil gambar untuk GAMBAR NASI GORENG

Nasi goreng adalah sebuah hidangan nasi yang telah digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan dan biasanya dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti telursayur-sayuran, makanan laut, atau daging. Makanan tersebut seringkali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Nasi goreng adalah komponen populer dari masakan Asia TimurTenggara dan Selatan pada wilayah tertentu. Sebagai hidangan buatan rumah, nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas. Menjadi penopang ekonomi, hal yang sama juga terjadi pada mi goreng atau pyttipanna.[1]
Beberapa ragam populer dari nasi goreng memiliki daftar bahan spesifik mereka sendiri. Di Tiongkok Raya, ragam paling terkenal meliputi nasi goreng Yangzhou dan nasi goreng Hokkien. Chāhan Jepang dianggap sebuah hidangan Tionghoa Jepang, yang berasal dari hidangan nasi goreng Tionghoa. Bokkeum-bap dari Korea umumnya tak dianggap demikian, meskipun terdapat ragam Tionghoa Korea dari bokkeum-bap. Di Asia Tenggara, nasi goreng Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang berkonstruksi serupa dan khao phat Thai adalah hidangan populer. Di Barat, kebanyakan restoran untuk pelanggan vegetarian atau Muslim membuat ragam mereka sendiri dari nasi goreng, termasuk nasi goreng telur. Nasi goreng juga muncul pada menu-menu restoran Amerika yang menawarkan masakan dengan tanpa tradisi asli dari hidangan tersebut. Selain itu, terdapat ragam nasi goreng di negara-negara selatan Amerika Serikat. Beberapa ragam tersebut meliputi chaulafan asal Ekuador, arroz chaufa asal Peru, arroz frito asal Kuba, dan arroz mamposteao asal Puerto Rico.
Nasi goreng adalah makanan jalanan populer di Asia. Di beberapa negara Asia, restoran-restoran kecil, gerai-gerai pinggir jalan dan pedagang keliling mengkhususkan diri dalam menyajikan nasi goreng. Di kota-kota Indonesia, pedagang umum nasi goreng biasa ditemukan berpindah-pindah dengan gerobak makanan mereka dan berhenti di jalanan sibuk atau kawasan tempat tinggal. Beberapa gerai makanan Asia Tenggara menawarkan nasi goreng dengan pilihan rasa dan hidangan sampingan

RAGAM

Asia Tenggara

Kamboja

Indonesia, Malaysia, Singapura


Nasi goreng dari Indonesia dengan ayam, telur gorengudang kering dan sayur-sayuran
  • Nasi goreng adalah sebuah versi Indonesia dan Melayu dari nasi goreng, perbedaan utama dibanding dengan nasi goreng di wilayah lainnya adalah makanan tersebut dimasak memakai kecap manis. Makanan tersebut seringkali disertai dengan bahan-bahan tambahan seperti telur goreng, ayam goreng, sate dan bumbu-bumbu seperti sambalacar, dan kerupuk. Makanan tersebut disajikan di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan sebagian besar negara tetangga, dan terkenal di Belanda.
    • Nasi goreng pattaya adalah nasi goreng Malaysia yang dihidangkan dengan berbalut sebuah telur omelet. Nasi goreng tersebut umumnya dicampur dengan berbagai sayur dan daging. Saus tomat ditambahkan. Di Indonesia, hidangan tersebut disebut nasi goreng amplop.
    • Nasi goreng sambal ditemukan di Singapura adalah sebuah ragam nasi goreng yang dibuat dengan sambal, sebuah bumbu yang berbahan dasar cabai dan belachan, yang datang dari pengaruh Indonesia dan Melayu.

REFERENSI

  1. ^ "Fried rice and noodle dishes with vegetables are likewise ancient. They were typically composed of leftover ingredients and cooked in woks." Olver, Lynne (2006-08-06). "Food Timeline--history notes: Asian-American cuisine". Diakses tanggal 2007-06-05.

Hasil gambar untuk GAMBAR RAWON


Gambar terkait





TERIMA KASIH..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Market_14

Jum'at 9/11/2018 Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. ACTIVITY ON THE MARKET AND LIST OF GOODS PRICES TOURISM POLYTECHNI...