Sabtu, 20 Oktober 2018

Ingredients

KAMIS 10-10-2018

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


PENJELASAN KETUMBAR


Hasil gambar untuk gambar ketumbar
Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.
Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.
Tak hanya bijinya saja yang sering digunakan dalam masakan. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan taburan dalam masakan seperti sup dan salad khas Thailand. Di negara itu, ketumbar diberi nama phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar juga beraroma tajam.
Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan. Seperti halnya seledri, tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.
Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. Sedangkan, untuk bunga mejemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda. Untuk buah, bentuknya hampir bulat berwarna kuning bersusun, Kalau matang, buahnya mudah dirontokkan. Setelah itu, buahnya dikeringkan.
Di sana, biji yang dikeringkan. Di beberapa daerah, ketumbar sering diberikan nama yang berbeda-beda.
PENGGUNAAN 
Semua bagian tumbuhan ini dapat dimakan, tetapi daun segar dan biji yang dikeringkan merupakan bagian-bagian yang paling banyak digunakan secara tradisional dalam masakan. Ketumbar umum didapati di dalam masakan Asia SelatanAsia TenggaraIndiaTimur TengahKaukasus,[1][2] Asia TengahLaut TengahTex-MexAmerika LatinBrasilPortugisTiongkokAfrika, dan Skandinavia.[3][4]

Daun


Daun ketumbar
Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. Sedangkan, untuk bunga mejemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda.
Daun ketumbar dinamai coriander leaves, fresh coriander, Chinese parsley, atau (di Amerika Utara) cilantro. Daunnya mempunyai rasa yang berbeda dengan biji, dengan adanya semacam rasa citrus. Namun, sejumlah orang merasainya seperti sabun tidak enak, berbau menyengat dan menghindari memakan daun ini.

MANFAAT KETUMBAR
Manfaat dari tumbuhan ini sudah banyak dirasakan di berbagai negara. Ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica). Namanya berbeda-beda di berbagai negara juga di berbagai daerah di Indonesia.
Manfaat yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berupa sabinenemyrcenea-terpineneocimenelinaloolgeranioldekanaldesilaldehidatrantridecenasam petroselinatasam oktadasenatd-manniteskopoletinp-simenakamfena, dan felandren.
Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenzawasirradang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

REFERENSI

  1. ^ кориандрКулинарный словарь (Culinary Dictionary) (dalam bahasa Russian). Diakses tanggal 10 August 2013.
  2. ^ Кориандр посевной (кинза)Букварь здоровья (The ABC of Health) (dalam bahasa Russian). Diakses tanggal 10 August 2013.
  3. ^ "Cooking ingredients: Spices".
  4. ^ Samuelsson, Marcus (2003). Aquavit: And the New Scandinavian Cuisine. Houghton Mifflin Harcourt. hlm. 12 (of 312). ISBN 0618109412.
  5. ^ McGee, Harold (13 April 2010). "Cilantro Haters, It's Not Your Fault"The New York Times. Diakses tanggal 24 July 2012Some people may be genetically predisposed to dislike cilantro, according to often-cited studies by Charles J. Wysocki of the Monell Chemical Senses Center in Philadelphia.


PENGERTIAN LEMON

Hasil gambar untuk GAMBAR LEMON


Lemon atau jeruk lemon atau yang juga dikenal sebagai sitrun adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Lemon memiliki bentuk dan warna yang khas, yaitu kuning cerah warnanya dan bentuknya lonjong dengan ujung-ujungnya yang mengerucut. Bagian kulitnya empuk agak tebal, dan bulirnya berwarna bening kekuningan. 
Lemon memiliki citarasa asam yang khas buah jeruk, tapi juga memiliki rasa manis. Sehingga rasanya asam manis segar dengan aroma yang kuat. Lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dari segi rasanya dengan jeruk nipis. Keduanya juga bisa saling menggantikan, terlebih karena harga lemon juga cenderung lebih mahal. 

Fungsi

Bagina yang paling sering dimanfaatkan dari jeruk lemon adalah airnya atau air perasannya. Biasanya, air jeruk lemon digunakan untuk bahan minuman, atau untuk memarinase daging. Sari lemon juga digunakan untuk memberikan rasa pada kue dan cake, serta salad. Bagian kulitnya juga bisa diparut untuk digunakan dalam pembuatan cake. 
Lemon sangat kaya akan vitamin C, asam sitrat, kalsium, fosfor, dan magnesium. Lemon sangat baik dikonsumsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam organ pencernaan.

Cara Mengolah

Jeruk lemon ternyata lebih mudah membusuk bila diletakkan dalam suhu ruang. Sedangkan bila diletakkan dalam kulkas tanpa dibungkus, lemon ternyata juga tidak bertahan lama karena kadar airnya akan mudah hilang. 
Nah, jika ingin awet menyimpan jeruk lemon, Anda bisa melakukan salah satu dari 2 cara ini :
  • Masukkan jeruk lemon ke dalam wadah kedap udara atau plastik wrap yang ketat. Simpan dalam kulkas bagian bawah. Cara ini dapat mempertahankan lemon kira-kira 3-4 minggu;
  • Bungkus jeruk lemon dengan plastik wrap dan segel rapat-rapat. Masukkan dalam freezer. Jika ingin digunakan, cukup rendam sebentar dengan air panas agar tidak lagi membeku.


TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visit Market_14

Jum'at 9/11/2018 Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. ACTIVITY ON THE MARKET AND LIST OF GOODS PRICES TOURISM POLYTECHNI...